Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Sabtu, 16 Juli 2011

KIR SMAN 38, Permata yang Belum Terasah


Batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan.
Demikian pula halnya dengan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 38 atau nama bekennya di kalangan siswa SMAN 38 dengan sebutan KIRSTAL. Kelompok ini sudah berdiri sejak tahun 2000, namun keberadaannya kurang terekspos meski telah banyak menghasilkan penelitian gemilang dan prestasi yang mengagumkan.
KIRSTAL yang dinahkodai Dra. Markorijasti bila diibaratkan permata kurang mendapatkan polesan sehingga keberadaanya tidak terlalu menonjol.dibandingkan dengan kegiatan ektrakurikuler lainnya yang ada di sekolah yang kini dipimpin Drs. Rachmat HDP.
Salah satu penelitian yang dilakukan KIRSTAL adalah meneliti salah satu sungai yang membelah kota Jakarta yang apabila musim hujan tiba akan mendatang musibah banjir. Ya, sungai Ciliwung, sungai yang mengalir dari hulunya di Kota Bogor ini menjadi objek penelitian KIRSTAL bekerjasama dengan salah satu universitas swasta di Jakarta Selatan.
Menurut hasil penelitian, pencemaran kali Ciliwung semakin hari semakin memprihatinkan. Limbah cair maupun lainnya dibuang sembarangan di kali tersebut. Bahkan memasuki wilayah pertengahan Jakarta hingga ujung Jakarta air kali sudah hitam pekat. Penelitian dilakukan selama tiga bulan,” kata Markorijasti yang juga guru fisika sekaligus kordinator Green School di SMAN 38.
Menurutnya, dalam melakukan penelitian para siswa yang tergabung dalam KIRSTAL bersama tim dari UNAS turun langsung ke lapangan. Penelitian dilakukan terhadap berbagai aspek, termasuk aspek penghijauan lingkungan di Kali Ciliwung dan kandungan oksigen di dalam air. Penelitian dilakukan mulai dari Hulu (Bogor) hingga ke hilir (kawasan Marunda Jakarta Utara).
Hasilnya, cukup memprihatinkan, sebab kali ciliwung mulai dari hulu hingga hilir oksigen sudah berkurang, limbah semakin bertambah prosentasenya. “”Ikan sapu-sapu yang sering hidup di kali Ciliwung yang kotor juga jumlahnya mulai berkurang. Bahkan sering kali ikan-ikan itu sering berusaha naik ke permukaan, sebab kandungan timbale semakin tinggi. Untuk itu, disarankan agar masyarakat hati-hati mengkonsumsi ikan sapu-sapu yang hidup di tempat air kotor,” ujar Markorijasti
Selain itu, air yang mengalir di kali Ciliwung berdasarkan hasil penelitian dari Bogor hingga kawasan Lenteng Agung atau kawasan tengah Jakarta masih layak untuk dikonsumsi. “Tetapi kalau sudah menuju hilir air Kali Ciliwung sudah terkontaminasi dan tidak layak untuk dikonsumsi” ujarnya.
Menurut Markorijasti dari hasil penelitian tersebut diharapkan masyarakat tidak membuat sampah sembarangan dan masyarakat juga hendaknya memanfaatkan lubang biopori di semua tempat yang mampu menampung air. “Masyarakat jangan membuang sampah sembarangan dan harus berhenti membuang limbah ke Kali Ciliwung,” ujarnya.
Meneliti kali Ciliwung merupakan salah satu buah karya KIRSTAL dari banyak buah karya lainnya seperti meneliti keunggulan gingseng Jawa dibanding ginseng Korea dan penelitian tentang propotipe elektronik untuk menyerap dan menghilangkan senyawa karbon dari udara menggunakan zeolit untuk mengurangi efek pemansan global di Penang Malaysia yang menjadi hasil penelitian terbaik se-Asia Tenggara, juara I lomba cepat tepat astronomi atas nama Moh. Dani Iskandarsyah, juara I dan juara favorit lomba daur ulang sampah kertas dan plastik evanasting ACT BEM UI dan masih banyak lagi kejuaraan yang berhasil diraih KIRSTAL.
Semua prestasi ini tentu menjadi kebanggaan anak-anak KIRSTAL yang berjumlah 120 orang siswa. Belum lagi dibimbing seorang peneliti ulung (Markorijasti) yang sudah melalang buana keliling dunia untuk melakukan penelitian seperti ke Belanda dan Amerika. ◙ /Yadi/P.02/

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community