Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Senin, 24 Oktober 2011

SMP RSBI Evaluasi Program guna Tingkatkan Kompetensi



Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) adalah Sekolah Standar Nasional (SSN) yang menyiapkan peserta didik berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia dan bertaraf Internasional sehingga diharapkan lulusannya memiliki kemampuan daya saing internasional. Indikator kepemilikan daya saing internasional pada peserta didik di sekolah berplat RSBI ini merupakan barometer utama yang menjadikannya sebagai indikator kinerja kunci tambahan yang harus diterapkan dan diusahakan pencapaiannya.
Menapaki upaya pencapaian indikator kunci tambahan ini, berbagai sekolah yang berlabel RSBI di Provinsi DKI Jakarta bahu-membahu baik secara satuan pendidikan maupun kolektif terus berupaya melahirkan berbagai inovasi pendidikan yang bermuara pada terwujudnya program terbaik RSBI. Berbagai isu yang berkembang turut pula menambah motivasi untuk dapat membuktikan, bahwa sekolah RSBI ini memang patut dipertimbangkan keberadaannya.
Dalam upaya mengevaluasi hasil program SMP RSBI di DKI Jakarta belum lama ini Forum SMP RSBI Cluster DKI Jakarta menggelar workshop selama satu hari di Wisma PKBI BKKBN yang diikuti 15 sekolah negeri berlabel RSBI di DKI Jakarta yakni SMPN 1, 11, 19, 30, 45, 49, 68, 75, 85, 92, 99, 111, 115, 216 dan SMPN 255.
Workshop sendiri menurut ketua panitia, H. Kurniadi, bertujuan untuk melakukan analisis kurikulum SMP RSBI baik itu dokumen, pelaksanaan dan evaluasi perbandingan dengan SNP dan kurikulum internasional serta persamaan persepsi tentang pelaksanaan program dan penggunaan dana.
Selain itu, tutur H. Kurniadi, workshop juga bertujuan sebagai wahana saling bertukar pengalaman (sharing) antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lain, sehingga dapat saling memperkaya wawasan dan khasanah untuk meningkatkan kompetensi peserta didik.
Bukan itu saja, ungkap H. Kurniadi dengan adanya workshop ini diharapkan akan melahirkan model kurikulum yang dapat digunakan SMP negeri di DKI Jakarta. Sehingga, ke depan bisa diandalkan untuk menghasilkan peserta didik yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
Harapan yang sama dituturkan Kasi Manajemen pada Bidang SMP/SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, H. Lardi. Menurutnya SMP negeri RSBI harus bisa mengangkat mutu pendidikan di DKI Jakarta. Ini disebabkan, SMP RSBI merupakan SMP pilihan yang notabenenya sekolah yang diisi anak-anak yang memiliki talenta dan potensi di atas sekolah reguler. Untuk itu, penggunaan ICT wajib hukumnya.
Selain itu, SMP RSBI harus pula memiliki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi dan berwawasan ICT serta memiliki keterampilan penggunaan bahasa Inggris. Ini sangat berguna dalam menunjang eksistensi SMP RSBI. Untuk itu, H. Lardi meminta agar kepala SMP RSBI terus berupaya meningkatkan kompetensi, wawasan ICT dan keterampilan bahasa Inggris, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah masing-masing.
Melalui kegiatan workshop ini, tutur H. Lardi diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi SMP RSBI dalam berbagai aspek utamanya evaluasi hasil UN lalu. Karena, banyak SMP RSBI peringkatnya kalah dengan SMP reguler. Ini harus dicari apa penyebabnya dan disetting agar SMP RSBI ke depan peringkat hasil UN nya berada diurutan papan atas dari sekolah reguler.
Harapan yang sama juga dituturkan Kasi Kurikulum, H. Budiana. Menurut H. Budiana SMP RSBI yang ada di DKI Jakarta harus menyatukan visi untuk meningkatkan mutu pendidikan kepada peserta didik dan melahirkan model kurikulum yang dapat digunakan SMP negeri RSBI di DKI Jakarta. Sehingga, ke depan bisa melahirkan peserta didik yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. ◙ /Yadi/

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community