Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Jumat, 05 Agustus 2011

Pendidikan Karakter dan Akhlak Mulia harus Dimulai dari Para Pendidik


“Kita Tingkatkan Keimanan serta Layanan Pendidikan pada Masyarakat DKI Jakarta”. Demikian tema yang diangkat Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta pada peringatan Isra’ Mi’raj yang digelar di Masjid Baitul Ilmi belum lama ini.
Hadir pada kesempatan itu Deputi Gubernur DKI Jakarta, H. Margani M. Mustar, Kepala Dinas dan Wakil Kepala Dinas, H.Taufik Yudi Mulyanto dan H. Agus Suradika, para Kepala Bidang, Kasudin Dikdas dan Dikmen, Kepala UPT, Pengawas, Kasi, Kasubag, Pengurus dan anggota Dharma Wanita, dan para kepala SD, SMP, SMA dan SMK.
Dalam sambutannya Ketua Panitia, H. Moh. Arief mengungkapkan bahwa peringatan isra mi’raj diselenggarakan tiada lain untuk meningkatkan iman dan taqwa dengan belajar melalui keteladanan Rasullah SAW dan dalam menyambut bulan suci Ramadhan.
Ia berharap melalui kegiatan ini hati kita menjadi bersih, karena kita akan saling bermaaf-maafkan dan melupakan hal-hal yang kurang baik sebelumnya agar pada bulan Ramadhan nanti kita dapat menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.
Harapan sama juga dituturkan Kepala Dinas, H. Taufik Yudi Mulyanto. Menurunya dalam menyambut bulan suci Ramadhan komunitas pendidikan berkumpul untuk saling memaafkan sehingga nanti dapat menjalankan ibadah dengan khusuk.
Pada kesempatan itu, H. Taufik Yudi Mulyanto mengajak untuk bersama-sama berupaya secara terus menerus meningkatkan iman dan taqwa dengan mengisi rohani melalui kegiatan-kegiatan mulia seperti halnya peringatan hari besar Islam, peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah maupun dengan meningkatkan tali silaturahmi karena melalui kegiatan seperti tersebut Insya Allah iklim interaksi kinerja akan lebih efektif, efisien dan harmonis.
H. Taufik Yudi Mulyanto pun mengungkapkan berbagai prestasi yang telah diraih diantaranya hasil ujian nasional yang sangat memuaskan. Namun, tuturnya baik prestasi, pelayanan dan kinerja yang telah lakukan masih banyak yang harus kita evaluasi dalam upaya memberikan hasil yang terbaik kepada masyarakat.


Harapan yang sama dituturkan H. Margani M. Mustar. Menurutnya prestasi hasil UN siswa DKI sudah sangat memuaskan. Ini pun masih diperindah dengan prestasi ektrakurikuler lainnya seperti O2SN dan FLS2N. Ini harus dipertahankan dan apabila memungkinkan dapat ditingkatkan di tahun mendatang.
Selain prestasi, ungkap H. Margani M. Mustar, kita pun harus terus menerus meningkatkan kualitas layanan pendidikan seperti pemanfaatan IT dalam pembelajaran, penggunaan bahasa asing dalam proses KBM, melakukan kerjasama dengan sekolah di luar negeri dan masih banyak lagi yang bisa lakukan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kepada peserta didik.
Namun, kita tetap berpegang pada tujuan filosofi pendidikan yakni membentuk manusia yang berkarakter, memperkaya iptek tapi juga imtaq, beriman bertaqwa dan berakhlak mulia, serta cerdas intelegensi, moral dan sosial.
Untuk itu, H. Margani M. Mustar berharap pendidikan karakter dan akhlak mulia harus dimulai dari para pendidik sebagai contoh dan teladan dalam tutur kata dan tindakan. Maka dari itu, ia mengajak segenap komunitas pendidikan untuk berjuang bersama, melaksanakan pembangunan pendidikan di ibukota dengan tekad menjadikan SDM Masyarakat Jakarta yang berkualitas.


Puncak peringatan Isra’ Mi’raj diisi dengan siraman rohani yang disampaikan oleh ustad KH.Godwil Zubir. Dalam tausiyahnya KH Godwil Zubir menjelaskan bahwa Isra’ adalah perjalanan Rosulullah pada waktu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso. Mi’raj adalah perjalanan Rasulullah pada waktu malam dari Masjidil Aqso ke Sidratul Muntaha. Perjalanan Isra’ Mi’raj Rasulullah ini kemudian diabadikan dalam Q.S. Bani Isra’ ayat pertama.
Hasil dari perjalanan Isra Mi’raj adalah sholat lima waktu. Dan inti dari bacaan-bacaan dalam sholat adalah gambaran detil dari peristiwa Mi’raj-nya Rasulullah. Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa yang sangat dahsyat. Karena merupakan peristiwa liqo-nya seorang hamba langsung dengan sang Kholik. Isra’ Mi’raj secara tidak langsung merupakan anugerah terbesar kepada umat manusia, melalui Rasulullah.
Usai ceramah, acara dilanjutkan dengan pembacaan zikir dan ditutup dengan doa setelah itu dilanjutkan dengan shalat berjamaah dan ramah tamah. /Yadi/

Related Post



0 komentar:

Poskan Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community