Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Senin, 08 Agustus 2011

Anggaran Pendidikan SudahTerserap 57 Persen

Kinerja keuangan Pemprov DKI Jakarta terus menunjukkan peningkatan signifikan. Itu tercermin dari penyerapan anggaran yang lebih baik dari tahun 2010. Jika sebelumnya pada bulan Mei 2011, penyerapan anggaran mencapai 21,5 persen atau Rp 5,9 triliun dari nilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI sebesar Rp 27,87 triliun, pada pekan pertama Agustus realisasinya terus menanjak hingga 35,46 persen atau Rp 9,8 triliun.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan realisasi penyerapan anggaran dalam APBD 2011 hingga pekan pertama Agustus 2011 mengalami peningkatan cukup tajam. Realisasi penyerapan APBD DKI pekan pertama Agustus 2011 sebesar 35,46 persen jauh lebih tinggi 5,5 persen dibandingkan penyerapan anggaran pada periode yang sama pada 2010 yang hanya mencapai 29,96 persen.

“Realisasi penyerapan ada kemajuan yang cukup berarti. Memang kemajuan penyerapan per minggunya tidak terlalu signifikan, tetapi kalau dilihat dua bulan ini ada posisi penyerapan anggaran 2011 meningkat sebanyak 13,96 persen,” kata Fauzi Bowo di Balaikota DKI, Senin (8/8).

Pencapaian realisasi penyerapan anggaran yang terus bergerak naik dan lebih baik dari tahun lalu, membuat Fauzi optimis penyerapan anggaran dalam APBD DKI 2011 akan jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kita optimis akan tercapai target yang baik. Karena itu, kita minta beberapa dinas yang anggarannya besar agar realisasi penyerapannya juga ditingkatkan. Karena masih ada beberapa dinas yang penyerapan anggarannya masih terbilang rendah,” ujarnya.

Fauzi menyebut, salah satu dinas yang penyerapannya rendah yaitu Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI, yang penyerapannya baru mencapai 19 persen atau sekitar Rp 62,7 miliar dari total anggaran Rp 330,2 miliar. Padahal, pada pekan pertama Agustus, penyerapan Disorda ditargetkan harus sudah terealisasi sebesar 30 persen lebih atau sekitar Rp 99 miliar.

“Kondisi ini mesti kita pacu dan picu lagi, agar penyerapannya dapat terealisasi dengan baik. Begitu juga dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penaggulangan Bencana (Damkar dan PB) juga masih rendah, alasannya karena barangnya impor, sehingga memerlukan proses lebih lanjut dari pihak bea cukai. Tetapi semua proyek sudah ditender, tinggal pelaksanaannya saja,” tuturnya.

Sedangkan dinas yang dinilai bagus penyerapan anggarannya yaitu Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang memiliki total anggaran sebesar Rp 2,17 triliun, penyerapan sudah terealisasi sebesar Rp 32 persen dari target 35 persen. Lalu Dinas Perhubungan dengan total anggaran sebesar Rp 1,17 triliun, realisasi penyerapannya sudah mencapai 42 persen dari target 56 persen.

Selanjutnya, Dinas Pendidikan (Disdik) dengan total anggaran Rp 1,05 triliun, realisasi penyerapannya sudah mencapai 57 persen dari target 63 persen. Serta Dinas Kebersihan dengan total anggaran Rp 744,3 miliar, realisasi penyerapannya sudah mencapai 54 persen dari target 56 persen. /Yadi/

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community