Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Sabtu, 20 Agustus 2011

Lulusan SMK Bisa Bekerja di Luar Negeri



Upaya meningkatkan kualitas pendidikan terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Selain menargetkan kualitas pendidikan di DKI setara dengan sekolah internasional pada 2013, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta juga akan mengupayakan agar lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mendapatkan kesempatan bekerja di luar negeri.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Agus Suradika mengatakan, Dinas Pendidikan DKI Jakarta sedang menjajaki kerja sama dengan Europass Certification, yaitu lembaga nirlaba internasional yang memberikan sertifikat kompetensi bagi lulusan SMK sedunia. Lembaga yang berkantor pusat di Inggris ini, sudah diakui 100 negara terkait sertifikat kompetensi yang dikeluarkannya.

Sertifikasi kompetensi yang bisa diberikan hampir untuk seluruh bidang kejuruan yang ada di SMK Jakarta. Kecuali bidang kejuruan yang sangat khas Indonesia seperti batik.

"Tetapi kalau tata boga, otomotif, hair dresser dan sebagainya, sudah bisa disertifikasi oleh mereka," kata Agus, Jumat (19/8).

Sertifikasi tidak hanya diberikan kepada peserta didiknya saja, melainkan guru pun bisa mendapatkan sertifikasi tersebut. Dengan sertifikasi internasional ini, peluang lulusan SMK dalam mencari kerja akan semakin luas dan tanpa batas. Guru pun semakin meningkat kompetensinya./Yadi/

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community