Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Selasa, 05 April 2011

SMP RSBI Negeri DKI Jakarta

Kepakkan Sayap “School Partnership” dengan Thailand


Sayap, sebuah alat yang digunakan sebagai pembangkit gaya aerodinamika untuk mengontrol gerakan benda sewaktu berada pada medium fluida, baik gas (terutama udara) maupun zat cair. Sayap yang ketika terbang mampu merenggang untuk kemudahan dalam terbang dan sayap yang kembali merapat saat tidak terbang, memiliki makna yang berarti sebuah fleksibilitas, bahwa kapan, apa dan di mana pun, kita sudah seharusnya mampu dan berani mengambil langkah untuk memberikan dan mencari yang terbaik, sekalipun harus melintasi negara.
Kemampuan mengepakkan pembangkit gaya aerodinamika inilah, membawa sejumlah sekolah menengah pertama berplat RSBI di ibukota negara ke Thailand. Berbekal sebuah pencapaian indikator kinerja tambahan dan berkolaborasi dengan SEAMEO SEAMOLEC, institusi yang bernaung di bawah Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se-Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh di Asia Tenggara dan berpusat di Indonesia (bekerjsama dengan Departemen Pendidikan Nasional) dan OBEC, Thailand, sejumlah sekolah menengah pertama di DKI Jakarta seperti SMP Negeri 1, 11, 19, 30, 45, 49, 85, 111, 115 dan 255 telah berupaya keras mengepakkan sayapnya dan berhasil menjajaki pemenuhan muatan mata pelajaran setara atau lebih tinggi dari muatan pelajaran yang sama pada sekolah unggul dari salah satu negara anggota OECD (Organization for Economic Co-operation and Development) dan/ atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan dengan sekolah-sekolah di Thailand melalui ikatan bertajuk School Partnership Program.
Memang, pencapaian kesemuanya itu berawal dari sebuah kerja keras yang berujung pada pelayanan terbaik kepada siswa dan akhirnya bermuara pada pencapaian mutu akademik dan nonakademik terbaiknya. Berpangkal tolak pada sebuah kesuksesan dan kerja keras, seorang Magic Johnson yang dikenal dengan karir terbaiknya dalam bermain basket di tim LA Lakers hingga sebagai penguasaha yang sukses dan membangun Johnson Development Corporation pernah berujar, bahwa “I really want people to know that I’ve worked hard, very hard, to get to where I am today…. this didn’t just happen overnight. I started in business over 25 years ago and have found a way to build on what I’ve learned through every opportunity and partnership.” Artinya, bahwa ia yang saat ini telah menduduki sebuah ‘kursi kesuksesan’ bukan merupakan hasil yang begitu saja diraih laksana membalikkan telapak tangan. Namun kesemuanya merupakan sebuah proses pengepakkan sayap kerja kerasnya berbekal sebuah kesempatan dan partnership.
Partnership, school partnership, kata kunci atas pemenuhan pencapaian tersebut, telah berhasil pula diraih oleh sekolah-sekolah yang berada dalam naungan forum RSBI DKI Jakarta yang dikomandoi oleh H. Muhammad Nur. Melalui penandatanganan sebuah Memorandum of Understanding (MoU) di Ambassador Hotel, Sukhumwit, Bangkok, Thailand, sekolah-sekolah tersebut akan menindaklanjutinya ke arah (1) membangun kemitraan antara sekolah menengah di Indonesia dan sekolah di Thailand, (2) penjajakan kemungkinan untuk mengembangkan kualitas pembelajaran melalui pembelajaran kolaboratif, dan (3) pengupayaan suatu jalan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan meneliti, bertukar ilmu pengetahuan, budaya dan nilai-nilai lainnya.
Sungguh luar biasa. Sudah saatnya hal ini tidak hanya menjadi slogan penghias label-label sekolah unggulan. Namun, kesemuanya harus sudah menjadi bukti nyata adanya sebuah kualitas dalam sekolah-sekolah berlabel RSBI. Memang, hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, melalui school partnership program inilah, saatnya pembuktian ini diwujudkan.
Akhirnya, berapa pun pengorbanan, apapun kerja keras, bagaimanapun bentuk kepakan sayapnya, tak lain dan tak bukan, kesemuanya adalah sebuah proses yang diharapkan akan bertumpu pada kesuksesan yang hakiki. Bermodalkan sayap school partnership program, semoga apa yang menjadi pengorbanan dan kerja keras sekolah-sekolah menengah pertama RSBI di DKI Jakarta ini akan senantiasa mendapatkan hasil yang maksimal berupa peningkatan mutu akademik dan nonakademik di Indonesia khususnya dan di dunia pada umumnya. Amin. ◙ Yadi/Bach

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community