Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Rabu, 22 Juni 2011

Wakadis Motivasi Guru SMAN 57




Sukses SMAN 57 mendongkrak peringkat sekolah untuk wilayah Kodya Administrasi Jakarta Barat dan DKI Jakarta serta meluluskan seratus persen siswanya pada Ujian Nasional tahun ini menjadi tonikum bagi sekolah khususnya guru untuk lebih meningkatkan mutu lulusan anak didiknya. Prestasi tersebut memiliki nilai tersendiri bagi sekolah yang beralamat Jalan Kedoya Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat karena diraih berkat kerja keras dengan program kerja yang terukur dan terencana dengan baik. Bukan seperti membalikkan telapak tangan.
Pencerahan visi dan misi sekolah pun bukan sekedar retorika belaka. Konsistensi ini terus digulirkan melalui program pembinaan guru dan siswa secara sistematik dan terukur yang mengacu kepada bagaimana menjadikan sekolah sebagai rumah kedua yang harus dihidupkan dengan nilai-nilai edukatif yang pada akhirnya menghasilkan satu generasi baru yang bertanggungjawab bagi almamaternya sendiri dan secara khusus bagi persiapan alih generasi mendatang.
Tidak berlebihan bila visi sekolah untuk membentuk pribadi yang berakhlak, berbudaya dan berprestasi ini tampaknya bukan lagi menjadi isapan jempol belaka atau menjadi pemanis dinding sekolah. Namun, mulai diwujudkan sekolah yang memiliki 43 orang guru dan 17 orang karyawan dengan ukiran prestasi baik akademik maupun non akademik.
Melalui implementasi sejumlah program terpadu, para guru di sini terus memompa terwujudnya era pencerahan. Tak ayal, berbagai kegiatan berbasis pendalaman materi hingga aksi interaktif edukasi terus digelar dalam acuan standar baku mutu yang ditetapkan. Berbekal komitmen pencerahan mutu yang dikawal dengan penguatan pembinaan nilai-nilai religius para guru SMAN 57 berani mempertaruhkan gengsi bagi 620 anak-anak Kedoya yang merengkuh ilmu disini. Tekad ini secara tegas disemai melalui mekanisme penerapan management by objektive yang digelindingkan Masduki. Diakuinya, mengusung sebuah perubahan bukanlah semata dikuatkan oleh manajemen belaka. Lebih jauh, ini perlu diperkukuh dengan komitmen mengusung pencerahan gengsi sekolah.
Beruntung, program solusif yang digelindingkan melalui rapat kerja selama dua hari ini mendapat dukungan dari semua guru dan karyawan dari sekolah. Implementasinya jelas menuntut konsekuensi kepemimpinan yang bersih. Masduki dengan nada merendah menyatakan, bahwa penerapan program ini dilakukan melalui denyut kebersamaan serta kekeluargaan yang dijalin erat dalam komunitas guru dan karyawannya. Terbukti, selama ia memimpin denyut genjotan program tersebut berhasil menaikkan peringkat akademik sekolah asuhannya.
Tidak mengherankan bila sekolah ini sekarang menjadi pilihan pertama bagi para siswa SMP di kawasan Kebon Jeruk. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang menargetkan sekolah ini sebagai alternatif terakhir. Bahkan tahun ini sebanyak 48 siswanya diterima di universitas negeri melalui jalur ujian mandiri. Sedangkan melalui SPMB masih belum diketahui, tutur Masduki.
Raker SMAN 57 yang dipandu Hj. Umairoh ini pun tak luput dari perhatian Wakil Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, H. Agus Suradika yang membuka dan memberi motivasi bagi para guru di SMAN 57 serta Kasi SMA Sudin Dikmen Jakarta Barat, Yusen Hardiman.
Menurut H. Agus Suradika, guru harus terus meningkatkan kompetensinya. Karena guru memiliki peran strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tanpa guru tidak ada pendidikan. Untuk itu, kompetensi guru harus ditingkatkan. Jadikan raker ini sebagai wahana evaluasi guna melakukan perbaikan dan meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 57.
Ungkapan yang sama juga dituturkan ketua panitia, Drs. Anwar Musadat. Menurutnya, raker bertujuan untuk melakukan evaluasi agar ke depan dapat dilakukan perbaikan dan menyusun program kerja dalam upaya meningkatkan mutu guru dan siswa SMAN 57. ◙ /Yadi/P.02/

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community