Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Kamis, 24 Maret 2011

Masjid At-Tarbiyah SMAN 96 Diresmikan Kadis dan Walikota



SMAN 96 yang beralamat Jalan Jati Raya No. 40, Cengkareng, Jakarta Barat dan dipimpin Hj. Nur Aisyah Nasution kini memiliki sebuah masjid yang cukup megah. Masjid yang diberi nama At-Tarbiyah ini merupakan masjid hasil swadaya pihak sekolah bersama masyarakat sekitar sekolah. Masjid yang menjadi kebanggaan anak-anak 96 ini beberapa waktu lalu diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, H. Taufik Yudi Mulyanto dan Walikota Jakarta Barat, H. Burhanuddin.
Hadir pada kesempatan itu Kasudin Dikmenti Kota Administrasi Jakarta Barat, H. Abdul Hamid, Kasi SMA Sudin Dikmen, Yusen Hardiman, Camat Kecamatan Cengkareng, Kasi Dikmenti Kecamatan Cengkareng, Lurah Cengkareng Timur, Pengawas paket se-Jakarta Barat, Ketua Komite Sekolah, H. Ikraman, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta kepala sekolah SMA dan SMK se-Jakarta Barat..
Peresmian yang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi ini diawali dengan penandatangan prasasti peresmian masjid yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan, Walikota Jakarta Barat dan Kepala SMAN 96 serta pengguntingan untaian melati. Selanjutnya H. Taufik Yudi Mulyanto dan H. Burhanuddin melihat-lihat lingkungan masjid At-Tarbiyah.
H. Taufik Yudi Mulyanto pada kesempatan itu menyatakan kekagumannya. Menurutnya keberadaan masjid ini merupakan wujud komitmen bersama baik masyarakat umum maupun masyarakat di komunitas sekolah untuk terus menerus melakukan kegiaatan-kegiatan dan upaya-upaya yang mengarah pada peningkatan iman dan taqwa. Ini merupakan komitmen yang mendasar, karena kita menginginkan anak didik yang paripurna. Tidak hanya cerdas otaknya tapi juga cerdas secara moral dan spiritual serta emosionalnya. Di samping itu, anak didik harus siap menghadapi tuntutan iptek dan era globalisasi.
Keberadaan masjid ini juga, menurut H. Taufik Yudi Mulyanto lahir dari kebersamaan yang baik antara pihak sekolah, komite dan masyarakat sekitar. Untuk itu, yang harus dipikirkan sekarang bagaimana memakmurkan masjid ini. Jangan sampai setelah berdiri malah kurang dimanfaatkan. Tapi, H. Taufik Yudi Mulyanto yakin dengan kebersamaan yang harmonis antar stakeholders, masjid At-Tarbiyah dapat bermanfaat bukan saja bagi pihak sekolah tapi juga masyarakat umumnya.
Ungkapan yang sama dituturkan H. Burhanuddin. Ia berharap keberadaan masjid At-Tarbiyah dapat mempertebal keimanan para siswa SMAN 96 sehingga dapat meminimalisir perilaku negatif dari para siswa seperti tawuran dan narkoba.
Menurut Hj. Nur Aisyah Nasution masjid At-Tarbiyah selain berfungsi sebagai tempat shalat juga sebagai media untuk membangun rasa disiplin, membangun kebersamaan dan solidaritas sosial. Selain itu, dapat pula berfungsi sebagai laboratorium untuk menumbuh dan mengembangkan perilaku peserta didik baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik serta media pelatihan kepemimpinan.
Masjid At-Tarbiyah sendiri, tutur Khaeruzzaman selaku Ketua Panitia dibangun selama kurang lebih 2,5 tahun dengan menelan biaya 1 milyar lebih ini terdiri dari dua lantai. Lantai atas diperuntukkan untuk jamaah perempuan dan lantai bawah untuk pria. Setiap dilengkapai dengan tempat wudhu dan toilet. Khusus untuk lantai bawah ada perpustakaan yang dilengkapi dengan sarana penunjang lainnya seperti buku-buku keagamaan dan Al-Quran.
Ia berharap masjid ini dapat bermanfaat bukan saja untuk shalat tapi juga menjadi pusat kajian keIslaman sehingga siswa dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya serta dapat mewujudkan akhlakul Karimah dalam kehidupannya sehari-hari.
Di SMAN 96, Kepala Dinas dan Walikota menyempatkan diri melihat-lihat sarana dan prasarana sekolah seperti di Ruang Multimedia. Di sini Kepala Dinas doperkenalkan dengan Multi Media Education Multi System Shoursing yakni media layar sentuh yang dapat mempermudah guru menyampaikan pelajaran karena sudah terprogram. Pada kesempatan itu, H. Taufik Yudi Mulyanto mencoba dan menyampaikan pesan untuk civitas SMAN 96. ◙ /Yadi/P.02/

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community