Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Kamis, 24 Maret 2011

Kepala Dinas Buka RAT KSMPJ 2011




Koperasi Sekolah Menengah Pertama Jakarta (KSMPJ) beberapa waktu lalu di Gedung Griya Ardia Garini yang berada di kawasan Halim, Jakarta Timur menggelar Rapar Akhir Tahun (RAT) dengan mengangkat tema “Membangun koperasi yang sehat guna menngkatkan kesejahteraan anggota”.
RAT dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, H. Taufik Yudi Mulyanto dan dihadiri Kabid SMP/SMA, H. Amsani Idris, Kabid Standikti, H. Arie Budiman, Kasudin Dikdas Jakarta Timur, H. Zaenal Abidin, Kasudin Dikdas Jakarta Utara, Hj. Istyaningtias dan anggota KSMPJ.
Mengawali sambutannya Ketua Panitia yang juga Sekretaris KSMPJ, H. Lardi, mengungkapkan alasan mengapa RAT diadakan di Gedung Griya Ardia Garini karena pertama kali pengesahan KSMPJ oleh Wakil Gubernur kala itu, H. Fauzi Bowo (sekarang Gubernur DKI Jakarta) di gedung ini.
Lebih lanjut, H. Lardi menuturkan RAT diikuti 299 orang yang merupakan perwakilan dari 4.082 anggota dari 103 SMP negeri yang telah menjadi anggota. Hal ini sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga KSMPJ. Tujuan diadakan RAT, jelas H. Lardi, untuk membahas dan mengesahkan laporan pertangungjawaban pengurus dan merancang program kerja pengurus tahun tahun ke depan.
Ada berkah, tutur H. Lardi, pada KSMPJ. Mengapa ? Karena penggagas dan pendiri KSMPJ, Hj. Sylviana Murni yang dulu Kepala Dinas Dikdas akhirnya mendapat amanah menjadi Walikota Jakarta Pusat dan sekarang menjadi Asisten Pemerintahan, Ketua Umum KSMPJ, H. Saefullah yang pada waktu itu sebagai Kasubdis SMP, kariernya melesat mulai jadi Wakil Kepala Dinas Dikdas, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda dan sekarang menjadi Walikota Jakarta Pusat, H. Fauzi Bowo yang pada saat meresmikan pendirian KSMPJ menjadi Wakil Gubernur sekarang menjadi Gubernur DKI Jakarta dan Sekretaris Umum KSMPJ sampai saat ini masih bersyukur diberikan kesehatan, ujar H. Lardi menutup sambutannya yang disambut tepuk tangan oleh seluruh peserta.
Menanggapi sambutan H. Lardi diakhir kalimatnya, Ketua Umum KSMPJ, H. Saefullah yang sekarang menjabat sebagai Walikota Jakarta Pusat mengungkapkan ia paham maksud dari ucapan Sekretaris Umum KSMPJ tersebut dan sambil bergurau ia ungkapkan kepada Kepala Dinas untuk mencatatnya.
KSMPJ, menurut H. Saefullah lahir sebagai usaha meningkatkan kesejahteraan komunitas pendidikan khususnya SMP, baik pegawai di sekolah maupun pegawai Dinas Pendidikan di DKI Jakarta.
H. Saefullah menuturkan dari kurun waktu lima tahun ini masih ada kendala yang didapati terutama bidang permodalan. Khususnya modal sendiri yang bersumber dari simpanan pokok, wajib, tahapan dan simpanan sukarela yang jumlahnya masih relatif kecil. Untuk itu, perlu adanya kerjasama dengan Bank DKI untuk meningkatkan permodalan KSMPJ.
Mantan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda ini pada kesempatan itu menjelaskan seputar perkembangan KSMPJ tahun buku 2010 yakni modal sendiri berjumlah Rp. 7.893.361.800,-, pinjaman dari bank sebesar Rp. 14.941.981.199,83,- jadi total modal berjumlah Rp. 22.835.342.999,83,- dengan total aktiva sebesar Rp. 24.008.350.027,70,-.
SHU untuk tahun buku 2010 (sebelum pajak) sebesar Rp. 787.911.448,- dengan rentabilitas 9,98 persen. Jumlah ini bila disbanding tahun buku tahun lalu ada peningkatan rentabilitas. Tahun lalu rentabilitas sebesar 5,41 persen dengan jumlah SHU sebesar Rp. 398 juta lebih. Bila dikalkulasikan ada peningkatan hampir 100 persen.
Tahun depan, tutur H. Saefullah, KSMPJ akan mengembangkan usaha dengan membuka usaha baru di bidang retail melalui kerjasama dengan Indomart atau Alfamart, perumahan dan bidang usaha lainnya yang dapat dirasakan manfaatnya oleh anggota.
Menurut H. Taufik Yudi Mulyanto, koperasi didirikan sebagai usaha bersama dalam rangka mewujudkan kesejahteraan para anggotanya. KSMPJ yang keberadaannya baru lima tahun, tentunya belum dapat memberikan kesejahteraan yang optimal bagi para anggotanya.
Namun, pada dasarnya, tutur H. Taufik Yudi Mulyanto, KSMPJ dapat lebih berkembang bila terciptanya kesadaran dari para anggotanya. Bagaimana KSMPJ bisa dirasakan manfaatnya oleh para anggotanya sehingga timbul rasa memiliki dan keinginan untuk memajukan KSMPJ.
Lebih lanjut, H. Taufik Yudi Mulyanto mengungkapkan berdasarkan jumlah guru dan karyawan yang menjadi anggota ternyata masih banyak yang belum menjadi anggota oleh sebab itu KSMPJ perlu bersinergi dengan Kepala Bidang SMP/SMA dan Ketua MKKS SMP DKI Jakarta untuk mengajak kepala sekolah yang belum menjadi anggota untuk mengajak guru dan karyawannya menjadi anggota KSMPJ.
Untuk itu, H. Taufik Yudi Mulyanto meminta agar pengurus KSMPJ dapat bekerja optimal mengelola KSMPJ dengan prinsip demokratis, transparan, akuntabel dan berbasis ICT. Perlu adanya pengembangan usaha namun dengan perhitungan yang matang dan koperasi bila ingin maju harus memiliki modal sendiri baik itu dari simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan sukarela. Jadi tidak hanya ketergantungan dengan bank.
RAT KSMPJ usai dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas dilanjutkan dengan sidang pleno yang berisikan laporan pertanggungjawaban pengurus, laporan pengawas, pandangan umum peserta RAT dan pengesahan LPJ-KSMPJ tahun buku 2010.
Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian rencana kerja dan RAPBK KSMPJ tahun buku 2011, penyampaian rencana kerja pengawas tahun buku 2011, tanggapan rencana kerja dan program kerja dan pengesahan program kerja dan KSMPJ tahun buku 2011.
Adapun program kerja KSMPJ sebagai berikut : untuk Bidang Keuangan meliputi peningkatan kinerja sehingga tercapainya pelayanan yang baik, efektif dan efisien; peningkatan permodalan; memperkokoh struktur permodalan sendiri; peningkatan akselerasi pemanfaatan modal koperasi; peningkatan pendapatan unit-unit usaha. Bidang Pengembangan Usaha meliputi peningkatan sisa hasil usaha unit simpan pinjam;peningkatan penyerapan dana pinjamn oleh anggota; peningkatan kecepatan pelayanan pinjaman; peningkatan omset penjualan alat tulis kantor ke sekolah; penyediaan kredit alaat kesehatan dan handphone; penyediaan kavling untuk anggota; pengadaan unit usaha baru dibidang retail. Bidang Organisasi, SDM dan Perkantoran meliputi peningkatan kinerja pegawai; melakukan pembinaan, pendidikan dan pelatihan perkoperasian; peningkatan kordinasi antara pengurus, anggota dan karyawan; mengembangkan jaringan kemitraan; peningkatan wawasan melalui studi banding; meningkatkan kenyamanan dalam memberikan pelayanan kepada anggota. ◙ /Yadi/P.02/

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community