Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Kamis, 19 Mei 2011

Kadis Lantik 29 Kepala SMP/SMA




Rotasi, promosi dan demosi merupakan bagian dari dinamika penyelenggaraan manajemen organisasi sehingga pelaksanaannya bukan merupakan hal istimewa dan ditakuti apalagi dihindari. Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, H. Taufik Yudi Mulyanto saat melantikan 29 orang kepala sekolah SMP dan SMA di Aula Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta belum lama ini.
Namun, ungkap H. Taufik Yudi Mulyanto, pelantikan adalah kejadian yang harus disyukuri karena ini merupakan cermin dari hasil kerja keras serta perjalanan kinerja yang telah Saudara baktikan. Selain itu, dalam upaya revitalisasi dan reposisi dari penyelenggaraan pendidikan sekaligus untuk menciptakan situasi penyegaran serta melakukan pengisian jabatan kepala sekolah yang disebabkan pensiun.
Seorang guru yang diangkat/diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah hendaknya dapat menghayati jabatan yang diemban karena ini menggambarkan seorang yang dianggap mampu untuk memimpin lembaga pendidikan dalam penyelenggaraan proses kegiatan belajar mengajar. Pemilihan Saudara, tutur H. Taufik Yudi Mulyanto, telah diawali melalui pemantauan, pengamatan dan penilaian secara sistematik yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, H. Taufik Yudi Mulyanto meminta para kepala sekolah untuk dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya.
Dalam menjaga kesinambungan kinerja organisasi agar tetap optimal, enam bulan pertama kinerja Saudara akan dinilai. Ini dimaksudkan untuk membuka ruang diadakannya koreksi dan tindakan internal demi pencapaian misi organisasi. Terkait dengan penilaian kinerja, secara konsisten Dinas pendidikan menerapkan kebijakan reward and punishment.
Untuk itu, H. Taufik Yudi Mulyanto meminta para kepala sekolah dalam mejalankan manajemen pendidikan di sekolah tetaplah berpatokan kepada aturan baku yang berlaku dan selalu melakukan koordinasi dengan pejabat teknis terkait di lingkungan Dinas Pendidikan, jangan sekali-kali mengambil keputusan yang dapat menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat apalagi dapat menimbulkan gejolak sosial secara luas. Kepala sekolah, tutur H. Taufik Yudi Mulyanto, memiliki tugas antara lain sebagai manajer, organisator, evaluator, supervisor, di depan harus memberi teladan, di tengah harus menciptakan prakarsa atau ide dan di belakang dapat memberikan dorongan untuk pembaharuan dan kemajuan.
Ditangan Saudara, jelas H. Taufik Yudi Mulyanto satu komunitas satuan tugas akan dikendalikan, kemana arah tujuan dan berlabuh kendalinya dapat dicapai dengan cepat, tepat dan akurat. Berpijak pada realitas posisi ini sangat strategis dalam pencapaian tujuan suatu biduk dari Dinas Pendidikan. Kedudukan DKI Jakarta yang dijadikan barometer harus didukung dengan sumber daya manusia yang memiliki kualitas untuk mendukung Jakarta sebagai pusat pemerintahan, ibukota Negara dan pusat kebudayaan serta pintu gerbang dari dan ke manca negara.
Pada kesempatan itu, Kepala Dinas meminta para kepala sekolah yang dilantik untuk segera melapor kepada Kepala Suku Dinas di wilayah tugas yang baru; menjadikan lingkungan sekolah sebagai lingkungan wawasan wiyatamandala dan merupakan konsep green school; menumbuhkan nilai-nilai spiritual, patriotisme, nasionalisme dan budaya nasional peserta didik; melakukan pembinaan kepada guru-guru terkait kehadiran dan disiplin dalam proses pembelajaran; memberikan pemahaman kepada semua warga sekolah untuk tetap dan terus bersinergi dalam meningkatkan mutu pendidikan; dan mempersiapkan kegiatan penerimaan peserta didik baru agar berjalan tertib, lancar, transparan, obyektif dan akuntabel.
H. Taufik Yudi Mulanto, meminta para kepala sekolah untuk sigap dan tanggap terhadap berbagai hal yang berkembang termasuk terhadap tuntutan keterbukaan dalam pegelolaan anggaran sekolah. Sudah saatnya dalam penerimaan dan pengeluaran dana masyarakat dengan melibatkan pihak perbankan. Hal ini untuk menumbuhkan kepercayaan para stakeholders terhadap manajemen sekolah.
Untuk itu, ia meminta agar dalam menyusun RAPBS hendaknya konsisten berpegang pada rambu-rambu kebijakan Dinas pendidikan yaitu melalui musyawarah-mufakat, penyusunan program didasarkan pada kebutuhan bukan keinginan, melakukan subsidi silang, jika terjadi permasalahan hendaknya diselesaikan secara lokal dan yang terpenting tidak boleh mengeluarkan siswa karena tidak mampu dari sisi ekonomi.
Mantan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda ini juga meminta agar sekolah melakukan pembinaan kehidupan keagamaan yang intensif agar para siswa tidak terpengaruh dengan ajaran-ajaran yang menyesatkan.
H. Taufik Yudi Mulyanto pada kesempatan itu meminta agar para kepala sekolah untuk segera beradaptasi dan melakukan komunikasi intensif dengan warga sekolah dan komite sekolah untuk menginventaris dan menelaah bahan penyusunan pengembangan sekolah terkait dengan pemenuhan delapan standar pendidikan.
Kepada para kasudin, ia meminta segera melakukan pembinaan dan verifikasi serta menyelenggarakan serah terima kepala sekolah dari pejabat lama ke pejabat baru. Lebih lanjut, Kepala Dinas mengajak semua jajaran di lingkungan Dinas Pendidikan untuk mewujudkan tata nilai dalam layanan pendidikan yaitu amanah, profesional, visioner, demokratis, inklusif dan berkeadilan.
Di sela-sela acara usai pelantikan Kepala Bidang SMP/SMA, H. Amsani Idris mengungkapkan bahwa kepala sekolah yang hari ini dilantik harus bisa merespon segala permasalahan yang berkembang dimasyarakat. Namun, mereka harus konsisten berpegang pada rambu-rambu kebijakan yang telah digariskan Dinas Pendidikan.
Upacara pelantikan 17 kepala sekolah (Kepala SMP 13 orang dan 4 orang Kepala SMA) yang dikemas dengan nuansa kekeluargaan itu dihadiri Pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan ini akhirnya ditutup dengan doa dan ramah tamah serta foto bersama. ◙ /Yadi/Daulat/P.02/

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community