Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Rabu, 02 November 2011

Tiga Siswi SMPN 104 Jadi Duta HIV/AIDS



Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV;[1] atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain).
Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus (atau disingkat HIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.
HIV dan virus-virus sejenisnya umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan preseminal, dan air susu ibu. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim (vaginal, anal, ataupun oral), transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.
Demikian sekilas informasi yang disampaikan Ayu Aprilia Chaerera, juara 2 tingkat provinsi pada lomba karya tulis remaja tentang penanggulangan HIV/AIDS dan penyalahgunaan narkoba yang diadakah Yayasan Cinta Anak bangsa bekerjasama dengan PT Unilever Internasional. Ayu begitu nama panggilan akrab siswi berparas cantik ini bersama dua temannya (Yuva Rangganis dan Nanda Saputri) memang pernah mengikuti workshop yang diadakan Sudin Dikdas Jakarta Selatan selama tiga hari.
Dari hasil workshop tersebut, tiga siswi SMPN 104 ini terpilih menjadi duta HIV/AIDS di sekolahnya. Mereka secara kontinyu memberikan informasi seputar penanggulangan HIV/AIDS dan penyalahgunaan narkoba kepada 700 orang temannya di sekolah yang beralamat....
Kegigihan dan keseriusan Ayu Aprilia Chaerera, Yuva Rangganis dan Nanda Saputri menjalankan tugasnya mendapat perhatian serius dari Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan PT Unilever Internasional. Buktinya, beberapa waktu lalu Pengurus YCAB dan Petinggi PT Unilever Internasional dari negeri Pangeran Charles berkunjung ke sekolah yang dipimpin Drs. M. Zamanuddin
Mereka menaruh perhatian yang besar atas keseriusan Ayu Aprilia Chaerera, Yuva Rangganis dan Nanda Saputri dalam menyampaikan informasi tentang bahaya akan HIV/AIDS dan narkoba kepada teman-temannya meskipun dengan sarana dan fasilitas seadanya. Perhatian ini tentu dapat menjadi spirit dan tonikum bagi Ayu Aprilia Chaerera, Yuva Rangganis dan Nanda Saputri untuk terus menyebarkan informasi bukan saja kepada teman-teman di sekolahnya tapi juga masyarakat di sekitarnya.
Hal tersebur disampaikan M. Zamanuddin yang bersama guru, karyawan dan siswa menyambut antusias atas kunjungan dari YCAB dn PT Unilever Internasional. Ini merupakan kehormatan dan menjadi kebanggaan sekolah, tutur M. Zamanuddin mengingat, SMPN 104 terpilih menjadi sekolah yang dikunjungi dari banyak sekolah yang ada di DKI Jakarta.
Dengan adanya kunjungan ini, ungkap M. Zamanuddin diharapkan dapat menjadi motivasi dan penyemangat bagi para siswa dan siswi SMPN 104 untuk bersama-sama menyampaikan informasi tentang bahaya HIV/AIDS dan narkoba kepada teman, keluarga dan masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. Sehingga, seluruh civitas SMPN 104 baik secara langsung maupun tidak langsung dapat menjadi duta HIV/AIDS dan Narkoba bagi lingkungannya.
Selain itu, tutur M. Zamanuddin, SMPN 104 dapat semakin dikenal bukan saja di tanah air tapi juga mancanegara. Ia berharap duta HIV/AIDS dan Narkoba dapat menjadi trademark bagi sekolah yang berada di Kawasan Mampang Prapatan ini.

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community