Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Rabu, 02 November 2011

SMK DKI Juara Umum OSTN 2011





Prestasi gemilang dan membanggakan kembali diukir siswa SMK DKI Jakarta. Kontingan DKI Jakarta yang terdiri dari lima pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berhasil merebut juara umum dalam kejuaraan Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) SMK 2011 yang berlangsung di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Tahun lalu, di ajang yang sama, kontingen asal DKI Jakarta hanya mampu berada di posisi ketiga.
“Saya merasa bangga dan bersyukur atas prestasi yang diukir lima siswa SMK asal DKI Jakarta yang telah berhasil meraih predikat juara umum OSTN 2011”. Hal tersebut dituturkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, H. Taufik Yudi Mulyanto saat menyambut Kontingen OSTN SMK yang dipimpin H. Happy Gustin di Stasiun Gambir beberapa waktu lalu.
Menurut H. Taufik Yudi Mulyanto keberhasilan ini membuktikan kompetensi siswa SMK di DKI Jakarta terus meningkat sehingga menjadi cambuk semangat bagi siswa lainnya untuk berprestasi. Fenomena ini, dikatakan H. Taufik Yudi Mulyanto, menggambarkan proses pendidikan SMK di Jakarta sudah sesuai dan berada pada jalur yang diharapkan.
Tahun lalu, siswa SMK DKI Jakarta menjadi juara umum LKS tingkat nasional yang merupakan even tertinggi pada kompetisi SMK. Ditambah dengan juara umum PMKBN yang menjadi penopang kuat dari kompetisi utama dan hari ini kembali siswa SMK berhasil meraih predikat juara umum. Maka ini membuktikan kualitas SMK di Jakarta sangat memuaskan, tuturnya bersemangat.
H. Taufik Yudi Mulyanto menambahkan keberhasilan ini merupakan buah karya dari persiapan yang sangat panjang, kekompakan yang erat, antusiasme yang tinggi dan semangat yang kuat ditunjukkan oleh para siswa. “Ini titik awal dari pembinaan yang lebih intensif bukan akhir dari sebuah pembinaan. Namun, ini merupakan awal dari pembinaan berikutnya”. Ia berharap, dengan raihan ini dapat lebih meningkatkan pelayanan pendidikan di Jakarta. "Tentu kami berharap prestasi ini dapat dipertahankan”.
Kepala Bidang SMK, Hj. Rita Aryani memberi apresiasi tersendiri bagi para siswa. Ini merupakan hasil yang cukup memuaskan dan semoga dapat menjadi pemicu semangat siswa lainnya. Hj. Rita Aryani berharap di tahun mendatang prestasi ini dapat lebih ditingkatkan lagi.
Hj. Rita Aryani menuturkan, dalam ajang tersebut, kontingen DKI Jakarta berhasil mengumpulkan dua medali emas, satu medali perak, satu medali perunggu, dan satu juara harapan dua. Di peringkat kedua, kontingen Jawa Tengah dengan perolehan satu medali emas, satu perak, dua perunggu dan satu peserta juara harapan satu. Peringkat ketiga diduduki Jawa Barat dengan perolehan satu emas, satu perak dan dua perunggu, peringkat 4 Jawa Timur meraih 1 emas, 1 perak dan peringkat 5 Sulawesi Selatan dengan 1 perak dan 2 harapan 2. Adapun materi yang dilombakan yakni, matematika teknik, matematika non teknik, fisika terapan, kimia terapan, dan biologi terapan.
Untuk Matematika Teknik, ujar Hj. Rita Aryani siswa SMKN 26, Rahmat Muttaqin meraih juara 3, Matematika non teknik siswa SMKN 8, Gina Rusdina menyabet juara 1, Fisika terapan siswa SMKN 4 Irfan Zidny berhasil menjadi juara 2, Kimia terapan siswa SMKN 26, Kartika Nurhasanah meraiah juara harapan 2 dan Biologi terapan siswa SMK Candra Naya, Dian Anggraini berhasil menjadi juara 1.
Mereka, tutur Hj. Rita Aryani mendapat piagam penghargaan dan uang pembinaan. Untuk juara 1 mendapatkan Rp. 10 juta, Juara 2 Rp. 7 juta, Juara 3 Rp. 4 juta, Juara harapan 1 Rp. 2,5 juta dan juara harapan 2 meraih Rp. 1,5 juta.
Ketua Kontingen OSTN SMK DKI Jakarta, H. Happy Gustin yang juga Kasi Sumijar dan Kesiswaan ini mengungkapkan rasa sukacitanya. Menurutnya Tim OSTN SMK DKI Jakarta telah melengkapi perolehan prestasi siswa SMK. Setelah tahun lalu menjadi juara umum LKS SMK dan juara umum PMKBN. Sekarang menjadi juara umum OSTN. Padahal tahun lalu, DKI Jakarta hanya berada diperingkat ketiga.
Ini, tutur H. Happy Gustin bisa menjadi tonikum bagi para siswa SMK yang akan bertarung pada lomba LKS SMK yang berlangsung di Jakarta bulan November ini. Semoga, pada LKS nanti DKI Jakarta dapat mempertahankan predikat juara umum dan menyukseskan LKS mengingat DKI Jakarta bertindak sebagai tuan rumah.

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community