Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

New Articles

1 2 3 4 5

Jumat, 23 September 2011

SMAN 39 Bersiap Diri Go Internasional


Sekolah berwawasan internasional merupakan sebuah tuntutan masa depan. Di era globalisasi, jaringan kerjasama internasional ibarat sarang laba-laba yang terus merambat keseantero gedung bertingkat. Jaringan ini pun tidak menampik kemungkinan terkuaknya interaksi layanan pendidikan keseantero dunia. Apalagi yang namanya kota metropolitan seperti Jakarta yang memiliki visi sebagai kota jasa tidak menutup celah untuk membuka layanan pendidikan tanpa batas negara. Tegasnya, kemungkinan lahirnya sejumlah institusi pendidikan atau sekolah berwawasan internasional menjadi sebuah keharusan dan bukan sekadar mengejar tren globalisasi.
Menjawab urgensi ini sekolah yang dinahkodai Drs. Didih Hartaya dan bermarkas di Jalan ..., Cijantung, Jakarta Timur ini sudah berhasil meraih ISO 9001 : 2008 dan sekarang tengah mempersiapkan diri guna meraih predikat RSBI. Bila ini terwujud berarti SMAN 39 berhasil menggandeng sertifikat ISO yang diberikan Wordwide Quality Asurance (WQA) dengan label RSBI. Ini menjadi bukti sekolah yang membina 1.155 orang siswa tengah mempersiapkan diri untuk go internasional.
Tidak berlebihan bila visi sekolah yakni menjadi sekolah yang unggul dalam mutu, berkarakter berwawasan global dengan dilandasi iman dan taqwa tampaknya bukan lagi menjadi isapan jempol belaka atau menjadi pemanis dinding sekolah. Namun, mulai diwujudkan sekolah yang memiliki 91 orang guru dan 24 orang karyawan dengan ukiran prestasi baik akademik maupun non akademik.
Guna mendorong akselerasi kemajuan sains dan iptek strategi pembelajaran merujuk pada optimalisasi penggunaan media audiovisual yang kreatif melalui media ini pula anak-anak Cijantung bisa lebih cepat mengaktualisasikan kecerdasan mereka. Ini masih ditambah dengan sarana prasarana lainnya seperti perpustakaan, laboratorium IPA, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa.
Memasuki arus globalisasi yang cenderung melahirkan era persaingan alot antar sekolah, SMAN 39 terus memacu visi dan misinya. Itu sebabnya penyemaian nilai-nilai spriritual, pembinaan program ektrakurikuler selalu menyeimbangkan prestasi akademik siswanya. Proses ini tergolong tidak gampang dan menuntut kerjakeras dan keandalan manajemen yang didukung dengan kecakapan akademis guru yang mengajar di sana.
Terbukti, berbagai piala berhasil mereka raih dari berbagai kegiatan ektrakurikuler seperti paduan suara, paskibra, futsal, basket, PMR, voli hockey, silat, KIR, teater, fotografi, pencinta alam, science club dan seabrek kegiatan lainnya baik di tingkat kecamatan, kota administrasi dan provinsi.
Ini masih dipercantik dengan hasil UN untuk program IPS berada diperingkat 2 se-Kota Administrasi Jakarta Timur dan peringkat 4 untuk DKI Jakarta sekolah negeri dan swasta. Program IPA peringkat 6 se-Jakarta Timur dan peringkat 16 untuk DKI Jakarta dari sekolah negeri dan swasta. Sebanyak 72,78 persen siswanya diterima di perguruan tinggi negeri dan selebihnya melanjutkan kuliah di perguruan swasta.
Di sekolah yang memiliki moto Smart for Character Building ini, para siswapun diajarkan untuk berempati pada sesama. Ini terlihat ketika bulan suci ramadhan mereka menyambangi yayasan …
Selain itu, suasana kebersamaan yang dikemas dengan nuansa kekeluargaan terus dipupuk. Bukan itu saja, kerindangan dan penataan taman sekolah tak luput dari perhatian kepala sekolah. Hal ini semakin menambah kesejukan dan keindahan sehingga suasana belajar mengajar semakin kondusif.
Suka atau tidak, SMAN 39 memang layak menjadi sekolah berwawasan internasional. Hal ini ditegaskan Ketua Komite SMAN 39, Mayjend TNI Drs. M. Munir. Kemungkinan ini memang didukung secara geografis dan demografis. Tidak ada salahnya bila SMAN 39 sanggup diproyeksikan sebagai sekolah masa depan yang bisa menjadi penyangga ruahan keinginan masyarakat maju di sekitarnya untuk mewujudkan sekolah berwawasan internasional. ◙ /Yadi/P.02/

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Pesan


ShoutMix chat widget

Pengunjung

 

Behind This Blog

GEMA ONLINE
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Majalah online yang disediakan khusus bagi semua kalangan di dunia pendidikan. email: gemawidyakarya@gmail.com
Lihat profil lengkapku

Reader Community